Di level 3 Bunda Sayang, para mahasiswi ditantang untuk menyusun sebuah proyek bersama keluarga. Seru dan menantang! Di akhir level, sebagian besar mahasiswi merasakan manfaat yang sangat luar biasa dari proyek keluarga tersebut. Bukan hanya menemukan AHA moments bersama anak-anak dan pasangan, namun secara tidak langsung juga melatih kecerdasan anak-anak. Bahkan sepertinya bukan kecerdasan anak-anak saja yang meningkat, kecerdasan kedua orangtuanya pun ikut meningkat seiring proses pelaksanaan proyek tersebut.

Karena sejatinya mendidik anak adalah mendidik diri sendiri.

Family project selalu bisa menjadi pengalaman luar biasa. Yang dulunya tidak terbiasa menyusun program bermain dan belajar bersama anak, di level ini para mahasiswi dituntut untuk mempersiapkannya. Dari memilih tema proyek hingga memilih jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan. Terlihat susah di awal, namun ketika sudah dilaksanakan, family project justru menjadi magnet yang membuat anak-anak tak bisa berhenti. Mau lagi dan lagi.

Melihat anak-anak bahagia dan excited, tentu sebagai orangtua meski lelah dan terkadang bingung mencari ide kegiatan, akan semakin semangat untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan baru lainnya.

Selain mampu meningkatkan kecerdasan, family project juga sangat bisa membantu merekatkan bonding antara orangtua dan anak. Saat melaksanakan family project, biasanya akan diawali dengan family forum, mengajak seluruh anggota keluarga berdiskusi menentukan tema dan jenis kegiatan.  Melibatkan anak-anak dalam proses persiapan secara tidak langsung akan membuat mereka merasa dipercaya dan dianggap keberadaannya.

Dalam prosesnya, baik orangtua dan anak tentu saja tidak akan punya kesempatan melirik, menengok apalagi melihat handphone. Kecuali untuk urusan dokumentasi. Semua terpusat dan terkonsentrasi pada kegiatan bersama. Kebersamaan inilah yang sejatinya sangat dirindukan setiap anggota keluarga. Jadi, sudah menyiapkan family project apa di rumah?

Di level 3 ini, ada beberapa mahasiswi teladan dan fasilitator teladan yang bisa kita ATM cara keren mereka:

Jika butuh ide-ide segar yang lebih lengkap, silakan meluncur ke Inspirasi Meningkatkan Kecerdasan Anak.