Pergi jalan-jalan ke Kota Kediri
Pulang-pulang bawa rantang
Hey kawan ayo kemari
Saling kenal supaya kian sayang

Penggalan pantun di atas mengingatkan pada kutipan “tak kenal maka tak sayang”. Begitu pun program yang diangkat oleh Himpunan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Ibu Profesional Asia yaitu DEKAN (DEKAT DENGAN ANGGOTA).
Program ini digalakkan dengan tujuan untuk saling mendekatkan dan mengenal lebih dalam antar anggota. Dalam sebulan setiap seminggu sekali, para anggota member Institut Ibu Profesional Asia saling bergantian membagikan kisah dan pengalaman menariknya,

Dan dalam episode Dekan tersebut, setiap bulannya HIMA Asia akan menghadirkan Dekan Spesial yang mendatangkan narasumber dari kepengurusan pusat.

Alhamdulillah, pada Dekan Spesial yang dirancang oleh HIMA Asia telah menghadirkan narasumber spesial dari pusat yaitu Rektor Institut Ibu Profesional, Dzikra I. Ulya. Beliau akrab dipanggil dengan panggilan Teh Chika.

Kedatangan beliau membawa begitu banyak insight yang bisa diambil dan taburan bintang yang dapat diraih. Salah satu yang ditekankan oleh beliau adalah

bahagia itu perlu diupayakan

Definisi bahagia itu bukan hanya saja rencana yang tereksekusi dengan rapi dan berjalan secara lancar, anak-anak makan dengan baik, ataupun lainnya. Bukan, bukan seperti itu melainkan bagaimana semua mengupayakan dalam membuat kebahagiaan itu.

Pun saat membersamai anak-anak bermain, hal ini dapat dilakukan dengan penuh bahagia, baik ibu maupun anaknya. Semua itu perlu diusahakan.

Namun, saat menjadi ibu akan banyak ditemui hal-hal yang di luar rencana dan ekspektasi. Saat semua itu tidak berjalan sebagaimana mestinya maka sebagai ibu perlu bergerak dalam rangka merombak semua masalah menjadi tantangan dan menemukan solusi.

Seperti pesan singkat yang sarat penuh makna dari beliau kepada kami para anggota member Institut Ibu Profesional Asia,

Jika merasa lelah.. disadari dan diterima dulu
Beri ruang dan waktu untuk melakukan dialog diri setiap harinya
Kemudian segera bangkit dan atur frekuensi antusias
Yuk taklukan tantangan kita setiap harinya.. dan hadirkan solusi 🤩

Sungguh, menjadi ibu itu ladang untuk belajar dan berpahala sangatlah banyak. Tinggal bagaimana kita mengupayakan dan meraihnya semaksimal dan semampu yang bisa kita gerakkan.

Insight dan hikmah tak akan datang dengan sendirinya,
Semua itu perlu dijemput dan dikerahkan.

Wahai para ibu hebat,
Mari terus mengupayakan kebahagiaan yang sesuai dengan diri kita masing-masing,
dan jemput kebahagiaan tersebut dengan terus mengusahakannya.

Semangat :))

Salam,
Tim HIMA IP Asia