Assalamualaikum teman-teman…… (sudah kayak youtuber no.1 se-Asia Tenggara beloom? hehe)

HIMA Malang Raya hadir lagi nih. Sambil rujakan apel Malang enak kali yaa.. Hari ini HIMA Malang Raya, ingin bercerita tentang salah satu tema KIP (Konferensi Ibu Pembaharu) yaitu “Ibu dan Anak Bahagia”. Ibu mana sih yaa, yang tidak mendambakan kebahagian untuk diri dan anak-anaknya. Pastinya semua ibu menginginkannya. Menjadi pribadi yang bahagia yang bisa menularkan kebahagiaan keseluruh penjuru rumah.

Nah, pada sesi live IG bersama KIPAmbassador beberapa waktu lalu, Mbak Nailir Rohmah selaku narasumber di temani host cantik Mbak Elis Setyowati telah berbagi keseruan dalam diskusi asik yang berjudul “Penuhi Tangki CInta, Sebarkan Bahagiamu”. 

Teman-teman pasti ada yang pernah mengalami momen dimana anak-anak rewel seharian, selalu mencari perhatian, mendadak tidak mandiri, mudah marah, dsb. Salah satu kemungkinan terbesarnya adalah karena tangki cinta yang kosong.

Apakah itu Tangki Cinta?

Tangki Cinta adalah gambaran pemenuhan kebutuhan dasar emosi seseorang. Setiap orang memiliki tangki tangki virtual yang bisa di gambarkan sebagai sebuah tangki yang berisi cinta, kasih, dan sayang. Jika tangki cinta isinya penuh, maka akan mudah berbagi kebahagian dengan orang lain di sekitar kita.

Apa Sajakah Kebutuhan Dasar Emosi Manusia? (bisa anak & Ibu)

  • Rasa Aman (tidak merasa takut, terancam, terintimidasi)
  • Penerimaan (perasaan dicintai dan di hargai)
  • Merasa dipercaya untuk memegang kendali dirinya

Dalam sebuah keluarga, ada tangki cinta paling utama yang dibutuhkan oleh anak-anak. Yaitu tangki cinta dari Ibu dan Ayah. Lantas, apakah bisa anak-anak mendapatkan sumber cinta yang lain? Bisa, yaitu dari keluarga dekat lainnya (kakek nenek), guru, teman, dll. Tangki cinta anak perlu di isi dan di penuhi oleh orang tua, karena anak-anak masih belum bisa mengisi tangki cintanya sendiri.

Bagaimana cara memenuhi tangki cinta anak/ibu?

Agar tangki cinta terpenuhi, perlu adanya pendekatan. Setiap anak memiliki cara sendiri untuk memenuhi tangki cintanya. Setiap anak cara pemenuhan tangki cintanya juga berbeda-beda. Orang-orang sering menyebutnya dengan Tipe Bahasa Cinta.

Menurut Dr. Gary Chapman and Ross Cambell, ada 5 bahasa cinta yang bisa diterapkan dalam pemenuhan tangki cinta anak;

  1. Tipe kata Pendukung
  2. Sentuhan fisik
  3. Quality time
  4. Hadiah
  5. Service

Bagaimana cara mengenali tipe bahasa cinta yang pas untuk anak?

Aplikasikan mantra Ibu Profesional. Teman – teman Ipers pasti tidak asing dengan 3 mantra Ibu Profesional.

  1. Main Bareng
  2. Ngobrol Bareng
  3. Beraktifitas Bareng

Dalam pengaplikasian 3 mantra tersebut, sertakan juga hal-hal di bawah ini;

  1. Amati cara anak mengungkapkan cintanya kepada orang tua
  2. Amati cara anak mengungkapkan cintanya kepada orang lain
  3. Mendengakan permintaan yang paling sering diajukan
  4. Perhatikan keluhan yang paling sering disampaikan
  5. Membiarkan anak memilih satu dari dua pilihan

Apa manfaat jika tangki cinta penuh?

Banyak sekali manfaat yang dirasakan saat tangki cinta anak penuh. Salah satunya adalah anak menjadi mudah diajak kerjasama serta memiliki motivasi dan kemauan. Jadi nyenengin dan ngedemin hati ya bun..

Sekian cerita yang disambi rujakan apel hijau khas Malang Raya. Semoga HIMA Malang Raya bisa sering berbagi keseruan cerita kami disini.

Wassalamualaikum wr. wb

#wartaapik #wartaapikIP #KIP #Konferensiibupembaharu #1dekadeibuprofesional #institutibuprofesional #semestakaryauntukin