Apa kabar Perempuan Pembelajar?

Sudah tahu tentang event dari Institut Ibu Profesional menyambut Hari Anak 2020? Kalau  belum boleh lo tengok di postingan #AnakGembiraDiRumahAja. Cepetan tengok, biar nggak ketinggalan informasi dan mumpung masih bisa ikutan. Siapa tahu aja teman-teman yang  beruntung dan bisa mendapatkan bingkisan menarik dari IIP. Untuk pengumuman pemenangnya sendiri akan diumumkan pada acara puncak Hari Anak Nasional 2020,  kapan dan di mana?

Berikut ini informasi lengkapnya:

Tepatnya pada hari Jum’at, 24 Juli 2020, akan diadakan PIJAR (Pengalaman Ibu Pembelajar) Sesi #2, yang mengambil tema Semua Anak adalah Juara. Insya Allah akan berlangsung dari pukul 10.00 – 11.00. Tayang secara live di Akun Instagram Official IIP @institut.ibuprofesional. Sudah follow kan? Yang belum cuzz segera follow!

Jika pada PIJAR #1 kita sudah belajar tentang A Home Team bersama mbak Ressy Laila Untari Ningsih, kini kita akan mengulik pengalaman dari mbak Ratna Palupi, Widyaiswara Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Pastinya ibu pembelajar yang satu ini juga keren dan  hebring. Pengalaman mbak admin bertemu beliau sih, kocak, rame, dan cerdas. Hmm, kira-kira akan seperti apakah IG Live hari Juma’t besok?

Pasti sudah nggak sabar ya menantinya?

Berkenalan dengan Mbak Ratna Palupi

Namun sambil menanti hari Jum’at tiba, boleh yuk kita kenal lebih dekat dulu dengan narasumber kita. Mbak Ratna Palupi berdomisili di Yogyakarta. Kiprahnya di Ibu Profesional tidak main-main. Dari 2016 – 2018, beliau memegang peran sebagai Manajer Keuangan IP Yogya, lalu lanjut menjadi Leader IP Yogya dari Januari 2018 – Desember 2019. Tidak hanya itu, mbak Ratna pun aktif menjadi fasilitator atau yang kini lebih akrab disebut sebagai Widyaiswara sejak tahun 2017. Dari menjadi fasilitator Matrikulasi sampai dengan Kelas Bunda Sayang pernah dijalani. Pasti sudah terbayangkan bukan mutiara pengalaman yang beliau miliki?

Mbak Ratna mengatakan bahwa dirinya adalah seseorang dengan bakat developer yang tinggi. Kebahagiaan beliau akan muncul ketika bisa membantu orang lain menjadi lebih maju dan lebih baik. Masya Allah mulia sekali hatinya. Menurut mbak Ratna, dengan bakat developer tersebut, menjadi fasilitator semakin membuat matanya berbinar-binar. Bahkan beliau banyak menemukan Aha moment di setiap sesi fasilitasi yang dia lakukan

.

Belajar menjadi fasilitator yang baik adalah salah satu ketrampilan yang mbak Ratna Palupi tuliskan dalam Peta Belajar saya pada tahun 2020 ini. Bahkan  mbak Ratna sampai mengikuti beberapa workshop tentang bagaimana menjadi fasilitator dan coach saya untuk merealisasikan impian  tersebut. Demi menggenapkan ilmu memfasil ini di IIP, setelah mbak Ratna seleh dari peran di komunitas IP, beliau memutuskan untuk fokus di keranjang Institut agar bisa terus belajar dan belajar.

Menjadi fasilitator adalah cara belajar yang paling efektif untuk saya. Learning by teaching. Dengan sharing dan mengajarkan kembali, saya meremidikan diri dan semakin memahami materi
yang saya sampaikan. Selain itu, menjadi fasilitator adalah salah satu bentuk saya mengambil peran di komunitas, agar saya terus bergerak dan menebar manfaat. (Ratna Palupi)

Wah, inspiratif sekali ya profil dan portofolio mbak Ratna? Semakin penasaran pastinya dengan keseruan PIJAR #2: Semua Anak adalah Juara. Jadi mulai malam ini segera lingkari kalender, pasang alarm, jangan lupa jam 10 pagi stay tune di akun instagram official @institut.ibuprofesional. Masih ada waktu juga untuk ikutan lomba fotonya… cuzz segera upload di IG yaa!

Sampai jumpa, IPers!