Ramadhan memang telah berlalu namun kenangan manis dan indahnya bulan suci itu terus membuat hati setiap umat muslim rindu. Begitupun kami di Ibu Profesional Regional Samkabar yang pada ramadhan lalu di 2022 telah mengisinya dengan beberapa rangkaian kegiatan seru dan membuat berseri.

Berlimpahnya berkah bulan Ramadan dan pahalanya membuat umat Islam berlomba-lomba berbuat kebaikan demi mengharapkan pahala yang besar dari-Nya. Sebagai upaya untuk mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari perbuatan yang kurang bermanfaat, Komunitas Ibu Profesional Regional Samkabar mengadakan beberapa kegiatan di bulan Ramadhan dengan tema : Ramadhan BERSERI (Bersih Iman dan Diri).

Sebuah program yang dapat di ikuti oleh semua member maupun masyarakat umum, untuk menemani umat muslim menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan positif yang sifatnya mengedukasi, kreatif, serta bernilai ibadah.

Oleh karena itu, kami dari kampung komunitas dan Hima IP regional samkabar mengadakan kegiatan di bulan Ramadhan seperti : Khatmul Quran, Tausiah Ramadhan, Kencleng, Doodle Anak, Challenge Berkisah, Challenge Kultum Anak, dan Challenge Kartu Lebaran.

Di Harapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, member serta masyarakat umum yang mengikuti, dapat menjalanka ibadah di bulan Ramdhan ini dengan lebih khusyu’ dan mengisinya dengan kegiatan yang positif dan bermakna, serta diharapkan dapat menanamkan ilmu agama dan mengajarkan banyak kebaikan kepada anak-anak.

Kegiatan tersebut telah terlaksana dengan baik, meriah, antusias dan tentunya bertabur hadiah. Adapun pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan, yaitu :

1. Khatmul Qur’an
Hari/Tanggal : 1 – 25
Ramadhan
Platform : WAG

Diikuti oleh para member muslimah dari Samkabar yang akan bergantian dalam membaca 1 juz perharinya. Keseruan pada khatmul qur’an ini dapat dirasakan jika tiba hari menentukan juz yang akan dibaca. Ada yang akan dapat giliran dan ada pula yang harus bersabar menunggu.

Keseruan khatmul quran dapat dilihat pada link : https://drive.google.com/file/d/1MGQkyy5PsVPdjqX10A_Y3piulBNJMbre/view?usp=drivesdk2. Challenge 1 Hari Berkisah
Hari/Tanggal : 1 – 10 Ramadhan
Platform : Medsos (Ig, FB, YouTube) Diikiuti oleh para ibu dan anandanya yang setiap harinya akan menuturkan cerita islami berdasarkan buku bacaan favorit mereka loh. Dari kegiatan ini kita banyak mendapat pelajaran dan ilmu baru dengan cara mendengarkan cerita.

3. Challenge Membuat dan Donasi Kencleng
Hari/Tanggal : 1 – 15 Ramadhan
Platform : Medsos (IG, FB, YouTube)

Pada challenge ini anak-anak diminta membuat kreasi celengan dari media apapun sesuai kreativitas mereka. Ternyata banyak kreasi menarik yang muncul. Mulai dari bentuk, warna bahkan bahan yang digunakan. Intip yuk beberapa karya kencleng ramadhan di bawah ini.

Menarik dan lucu-lucukan. Mungkin juga bisa menjadi inspirasi buat para bunda dan ananda di rumah agar rajin menabung. Oh iya hasil dari mengisi kencleng ini, semuanya didonasikan loh kepada para anak yatim dan dhuafa.

4. Kulzoom Menggambar Doodle dengan Bahagia
Hari/Tanggal : 15 – 16 April 2022
Platform : WAG dan Zoom

Ini nih salah satu kegiatan yang bikin lupa waktu baik panitia, pemateri dan anak-anak sebagai peserta. 2 jam berlalu tanpa terasa karena antusias oleh para peserta serta kehebohan dari tim panitia yang terus menyemangati para peserta.

Pada kali ini peserta diajarkan untuk menggambarkan ekspresi dari emosi dasar yaitu : senang, sedih, marah, takut, jijik, dan terkejut dalam beragam bentuk ekspresi wajah dan bentuk doodle lainnya. Tujuannya agar melatih psikomotorik anak-anak dalam mengenali dan mengungkapkan emosinya. Sekaligus sebagai salah satu metode healing therapy.

5. Challenge Kultum Anak
Hari/Tanggal : 1 – 10 Ramadhan
Platform : Medsos (Ig, FB, YouTube)

Tujuan dari challenge ini adalah memberikan anak-anak ruang untuk melatih kepercayaan diri berbicara di depan kamera. Membuat anak-anak makin berani untuk tampil membawakan nasehat pendek ataupun kisah-kisah baik yang dapat diteladani.

6. Challenge Kartu Lebaran
Hari/Tanggal : 10 – 15 Ramadhan
Platform : Medsos (Ig, FB, YouTube)

Challenge ini diikuti oleh para ananda yang diminta membuat kartu lebaran dengan kreatifitasnya dalam membuat gambar. Ada yang menggambar 2 dimensi dan ada juga yang membuat pop up loh. Beberapa karya mereka dapat dilihat di bawah ini.

Demikian tadi rangkaian cara dari IP Regional Samkabar. Puncak acara ditutup dengan pembacaan pemenang dan zoom bersama yang tak kalah serunya. Dihadiri oleh seluruh panitia, peserta dan tentunya bertabur sponsorship.

Sekian warta baik dari kami di Samkabar. Tetaplah belajar, berkarya, berdampak dan menjadi pribadi mulai dimanapun kita berada.