Halo IP-ers,

Sudah tahu belum acara rutin yang digelar dari tahun ke tahun oleh Institut Ibu Profesional (IIP) Jakarta? Ya, selebrasi kelulusan para wisudawan di kelas-kelas IIP secara daring. Meskipun masih dalam suasana pandemi, HIMA Jakarta bersyukur tetap dapat mengadakan acara ini. Bahkan dengan kemeriahan yang berbeda dari sebelumnya.

Apakah yang berbeda dari selebrasi ini?

Tiga jenjang kelas di IIP Jakarta mengadakan selebrasi bersama atas kelulusan mereka, yang disebut Selebrasi Akbar. Selebrasi ini terdiri dari para mahasiswi kelas Matrikulasi Batch 9, Bunda Sayang Batch 6, dan Bunda Produktif Batch 1. Panitianya pun merupakan gabungan dari kelas-kelas tersebut. Wah, terbayang kan serunya?

Selebrasi gabungan yang diselenggarakan secara daring ini mengangkat tema “Berani Bertransformasi Menjadi Ibu versi Terbaikmu”. Tema ini diangkat untuk mengajak para wisudawan dalam melakukan napak tilas ke masa perjuangan selama di kelas perkuliahan, Di samping itu, juga mengingatkan tentang perannya sebagai Ibu agar menunjukkan versi terbaik dirinya.

Tidak hanya para wisudawan yang hadir, peserta dari umum juga ikut memeriahkan acara ini. Agar lebih menarik, kegiatan ini dikemas dalam bentuk selebrasi dan talkshow.

Selebrasi sekaligus talkshow ini diadakan Sabtu, 30 Juli 2021 yang berlangsung pada pukul 12.15–15.15 WIB. Dihadiri hampir 100 peserta secara daring melalui platform Zoom. Sebagai pembuka, Mbak Ailyxandria selaku MC dan tim Doorprize membawakan beberapa permainan untuk mencairkan suasana. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua pelaksana-Mbak Regina, Ketua HIMA IIP Jakarta-Mbak Aini, dan Sekretaris Regional IP Jakarta-Mbak Tutik. Berikutnya, ada rangkaian kata penyemangat dari Mbak Dzikra I Ulya selaku Rektor IIP dan Ibu Septi Wulandani sebagai Founding Mother Ibu Profesional melengkapi kebahagiaan hari ini.

Mengiringi acara selebrasi, sebuah talkshow bersama narasumber yang keren, Kiki Barkiah. Nama yang sudah sering terdengar ini merupakan praktisi parenting dan penulis buku. Teh Kiki, sapaan akrabnya, membawakan materi yang kaya manfaat yang berjudul “Menjadi Ibu Bahagia Apa Adanya, Bukan Seadanya”.

Dari pemaparannya, Teh Kiki mengingatkan agar senantiasa memahami apa kebahagiaan hakiki  serta bagaimana cara memulai dan meraihnya. Beberapa peserta pun diberi kesempatan untuk berinteraksi bersamanya agar dapat lebih menyelami ilmu yang disampaikan.

Selepas Talkshow, selebrasi dimulai. Diselingi beberapa games kecil kepada para peserta. Untuk menambah keceriaan, para wisudawan diberikan kesempatan untuk mengenakan beragam atribut perayaan yang sudah disiapkan di rumah. Ada yang melengkapi dirinya dengan mahkota, toga, bahkan piala. Para wisudawan ini menunjukkan senyum di bibirnya dan aura kebahagiaan di wajahnya. Selanjutnya, MC menyebutkan satu per satu nama wisudawan. Dimulai wisudawan dari kelas Matrikulasi, kelas Bunda Sayang, lalu diakhiri dengan wisudawan kelas Bunda Produktif.

Lebih lanjut, acara ditutup dengan sesi foto bersama para wisudawan dan pembagian hadiah kepada pemenang challenge dan games. Berbagai macam hadiah yang disponsori oleh Kauniyah Oil, Educourse, Kayva, Mommies Daily, dan KIPMA Jakarta melengkapi akhir dari kemeriahan acara hari ini.

Penulis: Siti Salikah

Editor: Maria Fatimah

HIMA Jakarta