Bismillahirahmanirahim..

Yuhuuu salam semangat dari HIMA Banten..
Haii IP’ers berikut kami membawa reportase kegiatan bermanfaat dari tim HIMA IP Banten.

Sebagai komponen yang mewadahi member IP Banten untuk belajar melalui kelas-kelas yang terstruktur dan punya kurikulum yang kece banget, tim HIMA juga harus selalu kreatif lho untuk menambah pengetahuan para membernya. Sebagai bentuk persiapan menuju new normal di era pandemi Covid-19 ini, HIMA IP Banten pun berinisiatif mengadakan kulwap dengan tema “Siaga Diri Menuju New Normal”. 😍

Narasumber kulwap ini adalah dr. Hilda Wardani, salah satu member IP Banten batch 8 yang sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi, kulwap yang diadakan Selasa, 30 Juni 2020 ini membahas persiapan buibu menuju new normal dari sisi kesehatan. Waaaah penasaran kan kayak apa?

Gini ya IP’ers, dalam upaya menyiapkan diri menuju masa new normal yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh atau dalam istilah medis dikenal dengan imunitas. Jadi dr. Hilda menjelaskan bahwa membentuk imunitas dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bervariasi, memenuhi kebutuhan cairan, tidak stres, istirahat yang cukup, dan jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga.

Ketika kita mampu memahami fungsi tubuh maka tidak perlu ada perang obat herbal vs obat. Karena jika kebutuhan dasar tubuh terpenuhi dan kita memahami karakteristik organ tubuh, otomatis sehat .

Dari 5 komponen tersebut, selain makan makanan bergizi, memenuhi kebutuhan cairan tubuh itu sangat penting lho IP’ers, karena dampak yang ditimbulkan dari kekurangan cairan itu cukup beragam seperti meningkatkan resiko penyakit sembelit, wasir, kram, batu ginjal, infeksi saluran kemih. Selain itu dapat menurunkan stamina, konsentrasi, bahkan kecerdasan juga! Jadi IP’ers, jangan lupa untuk sering-sering minum air putih ya 😉.

Dalam sehari, berapa banyak cairan yang sudah masuk ke dalam tubuh kita? Satu liter kah? Kurang dari satu liter? Atau tidak terhitung? (Maksudnya tidak sempat menghitung😬).

Dalam gambar disebutkan rincian total pengeluaran cairan setiap harinya dari tubuh kita. Yuk kita hitung bersama. Anggaplah, ambil angka terkecil. Maka didapatkan total  400+400+350+150cc = 1.3L

Artinya setiap hari tubuh mengeluarkan minimal 1.300cc cairan dari tubuh. Bila tidak ingin besar pasak daripada tiang, maka minimal jumlah cairan yang diminum adalah sejumlah 1.300cc. Alhamdulillah bila kita sudah minum sebanyak tersebut.

Cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa berasal dari banyak sumber. AIR PUTIH merupakan sumber cairan TERBAIK. Bahkan PENGENCER DAHAK TERBAIK adalah AIR. Beberapa keluhan yang kita rasakan, bisa jadi hanya karena kita UTANG MINUM. Jika badan pegel-pegel, hidung tersumbat, badan tidak enak, ngantuk, konsentrasi kurang, dan lain-lain. Bisa jadi memang karena KURANG MINUM 😓. Ada beberapa keluhan yang penanganannya cukup dengan cara pemenuhan kebutuhan cairan yang lebih banyak daripada normal. Tanpa obat.

Yuk kita hitung berapa seharusnya jumlah yang kita minum setiap harinya. Ada banyak rumus penghitungan, dalam gambar diberi contoh Tiga Rumus kebutuhan cairan selama 24 jam.

Misalkan dengan berat badan 50 kg, maka :

Rumus 1 : kita ambil terendah yaitu 30cc x 50kg = 1500cc

Rumus 2 :

10kg awal x100= 1000

10kg kedua × 50 = 500

30kg (sisanya) x 20 = 600

Total 2.100 cc

Rumus 3 :  50cc x 50kg = 2500cc

Apakah minum kita sudah sejumlah tersebut?

Naah IP’ers selain memberikan metari, dr Hilda juga memberikan waktu untuk para member yang ingin bertanya. Dalam kulwap tersebut, antusias dari member HIMA IP Banten cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya member yang ingin bertanya. Serunya lagi, ada juga member IP yang justru curhat karena males minum atau jadi sering buang air kecil kalo kebanyakan minum. IP’ers, ada yang begitu juga? 😁

Lalu dr. Hilda pun memberikan challenge kepada seluruh peserta kulwap untuk mencari ide kreatif, bagaimana agar tidak lupa minum dan menentukan jadwal minum air putih supaya kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi.

Banyak ide yang disampaikan oleh para member. Ada yang menyarankan menggunakan botol yang jelas ukuran liternya, ada juga yang menyarankan menggunakan alarm untuk jadwal minum, ada lagi saran lainnya berupa mengikuti jadwal waktu sholat untuk minum 2 gelas air putih. Nah, jadi dapet inspirasi juga kan bagi IP’ers yang suka lupa minum air putih 😊.

Sebagai penutup kulwap, dr. Hilda memberikan pesan agar kita selalu menjaga konsumsi minum kita dan berharap apa yang beliau sampaikan dapat menjadi salah satu bekal dalam membentuk imunitas diri dan keluarga terutama dalam kondisi saat ini.

Luar biasa ya IP’ers! Benar-benar bermanfaat banget deh apa yang disampaikan oleh dr. Hilda. Semoga bisa kita praktekkan ya.

 

 

Sampai jumpa dan terima kasih

Salam hangat dari kami HIMA Banten……