Mengawali tahun 2021, IIP Efrimenia menyuguhkan serangkaian agenda yang diadakan secara online melalui sosial media. Agenda ini bertujuan untuk memperkenalkan seluruh komponen dan kepengurusan yang ada dalam IIP Efrimenia, bertajuk “Sosialisasi pengurus komponen regional Efrimenia”

 

Seluruh jadwal perkenalan secara live instagram diunggah pada akun instagram IP Efrimenia. Flyer dan promosi disiapkan oleh tim media dan komunikasi regional. Urutannya disesuaikan dengan kesediaan waktu masing-masing leader komponen atau perwakilannya. Di setiap sesi perkenalan diberikan waktu satu jam wawancara.

 

Secara bergantian tim media dan komunikasi melakukan sesi wawancara pada semua ketua ataupun perwakilan komponen IP Efrimenia. Giliran pertama tentu saja jatuh pada Sekretariat Regional Efrimenia. Wenda Swords, yang menjabat sebagai ketua Sekretariat Regional menyediakan waktu untuk memberikan pengantar dan mengenalkan regional Efrimenia. Betapa regional ini menjadi istimewa karena jangkauannya meliputi beberapa benua dengan perbedaan jarak dan waktu yang amat besar.

 

Urutan kedua adalah Manajer Media dan Komunikasi Sekretariat Regional Efrimenia yang dijabat oleh Indah Apsari. Beliau menjabarkan sekilas garis besar peran media dan komunikasi di regional Efrimenia.

 

Berikutnya mulailah perkenalan komponen. Diawali oleh Komunitas IP Efrimenia yang diketuai oleh Amelia Aquareta. Beliau memperkenalkan apa saja komunitas yang diwadahi oleh regional Efrimenia.

 

Komponen kedua yang memperkenalkan diri adalah Himpunan Mahasiswa IP Efrimenia. Sejauh ini HIMA adalah komponen yang memiliki anggota terbanyak. Mesa Dewi Puspita yang menjadi leader HIMA mengenalkan apa saja aktivitas dan tim yang ada dalam HIMA.

 

Sesi perkenalan berikutnya adalah dengan Manajer Operasional Sekretariat Regional Efrimenia yang dijabat oleh Aisyah Sa’diyah. Beliau menjabarkan serangkaian tugas yang selama ini dijalani sebagai Manajer Operasional Regional Efrimenia.

 

Komponen selanjutnya yang memperkenalkan diri adalah Sejuta Cinta IP Efrimenia. Sebuah komponen yang bergerak di bidang philanthropy dan diwakili oleh Selly Khairunnisa sebagai Manajer Media dan Komunikasi Komponen Sejuta Cinta. Beliau menjelaskan beberapa contoh kegiatan yang sudah dijalankan oleh komponen SC meski mendapat tantangan besar berupa jarak, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap berkarya.

 

KIPMA IP Efrimenia adalah komponen selanjutnya yang memperkenalkan diri. Leadernya, Rohmah Rahmawati mencoba menjelaskan apa saja kegiatan yang berlangsung dalam KIPMA. Saat ini anggota IP yang tergabung dalam KIPMA bisa dibilang sedikit, tak mengapa tidak jadi soal karena sekali lagi memilih bergabung dalam komponen apapun boleh saja asal sesuai dengan minat masing-masing.

 

Komponen terakhir dalam Regional Efrimenia yang memperkenalkan diri adalah RCIP IP Efrimenia. Arum Puspitarini, leader RCIP memberikan gambaran singkat mengenai apa itu RCIP dan sepak terjangnya dalam regional Efrimenia.

 

Berikut adalah sosok terakhir dalam Sekretariat Regional Efrimenia, Manajer Keuangan Sekretariat Regional IP Efrimenia. Meskipun sudah tidak menjabat lagi sebagai manajer dikarenakan masa jabatan yang sudah selesai, namun Amelia Aquareta masih mau turun tangan mengurus keuangan regional Efrimenia hingga nanti sudah ada pengganti manajer keuangan yang baru. Dari sini kita bisa lihat, mengambil peran itu urusan yang tidak mudah. Bukan hanya kemampuan yang menjadi bahan pertimbangan, faktor kesediaan waktu, energi dan kemauan mutlak menjadi perpaduan.

 

Rangkaian acara Sosialisasi Pengurus Komponen Regional IP Efrimenia pun menyuguhkan acara Bincang Akrab Penghuni Efrimenia, BAKPIA. Dengan bintang tamu Ibu Septi yang memberikan sambutan dengan tema “Mengambil Peran di Tengah Tantangan Diaspora”. Bukan acara ngobrol seru seperti dalam bayangan, hadirnya bu Septi di tengah acara Sosialisasi ini justru seperti masuk kelas perkuliahan. Tema mengambil peran oleh Bu Septi disampaikan dengan sarat materi ilmu, kami semua yang hadir saat itu seolah mendapat siraman semangat dan harapan baru. 

 

Seolah mengerti kalau melahap bakpia tak cukup hanya sebuah, maka IP Efrimenia menyuguhkan kue BAKPIA #2. Bincang akrab kali ini menghadirkan narasumber yang berbeda. Tak kalah spesial dan yang pasti amat menginspirasi kami semua yang mendengarkan kisah dan pengalaman beliau selama menjadi diaspora dan seorang Ibu yang multi talenta.

 

Alhamdulillah rangkaian acara Sosialisasi Komponen dan Pengurus IP Efrimenia sudah dilaksanakan dengan lancar. Banyak tantangan tapi tertutup dengan antusiasme dan ilmu yang didapat selama mengikuti rangkaian acara. Kini Regional Efrimenia siap untuk mengajak siapa saja member IP yang ingin bergabung dan mengambil peran dalam ‘dapur’ Sekretariat ataupun Komponen.