KELAS WEBINAR HIMA IP SULAWESI
MELATIH KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE MONTESSORI 

NARASUMBER : Dr. SINARDI (Bunda Ina)
Moderator : Hasriani Santaria, S.A.B., M.M. (Bunda Ani)

Alhamdulillah, pada Hari Ahad, 5 Juli 2020 jam10.00 WITA s/d selesai, HIMA IP Sulawesi telah melaksanakan Kelas Webinar, Melatih Kemandirian Anak dengan Metode Montessori, yang diikuti oleh member Ibu Profesional Sulawesi, menggunakan platform Zoom.

Narasumber dalam acara ini adalah Bunda Dr. Sinardi (Bunda Ina), beliau praktisi montessori dan mahasiswi bunda cekatan IIP batch 1. Acara ini dimoderatori oleh Bunda Ani (Hasriani Santaria, S.A.B., M.M.), seorang dosen dan mahasiswi bunda cekatan IIP batch1.
Acara dibuka oleh Ketua HIMA IP Sulawesi, sebagai penyelenggara acara, yaitu Bunda Zaenab Dwi Ujiani, S.SI., M.Kes.

Acara berlangsung selama kurang lebih 1jam 15menit. Dan berikut adalah kesimpulan dari materi yang dibawakan oleh narasumber :

Kemandirian berkaitan erat dengan rasa percaya diri.  Anak yang dikondisikan mandiri akan segera selesai dengan dirinya sendiri, sehingga mampu diandalkan melakukan hal lain berkaitan dengan pengembangan dirinya.  Orang tua yang memiliki anak mandiri khususnya di usia dini akan memiliki banyak waktu untuk melakukan hal produktif sesuai dengan pasionnya sehingga lebih bahagia dan terhindar dari stress. Metode Montessori adalah salah satu metode yang dapat diterapkan untuk membantu dan mengkodisikan anak untuk mandiri melalui kegiatan di Area Exercise of Practical Life. 

Berikut beberapa topik yang dibahas antara lain :

📌Kaitan Metode Montessori dengan pendidikan anak barbasis fitrah.

📌Tahapan kemandirian anak berdasarkan usia.

📌Aktvitas keterampilan hidup praktis usia 2,5 – 6 tahun.

📌Aktvitas keterampilan hidup praktis usia di atas 6 tahun.

📌Contoh presentasi keterampilan hidup.

Dan berikut adalah testimoni dari peserta yang mengikuti kelas webinar :

Terimakasih untuk narasumber, moderator dan para peserta atas partisipasinya dalam acara ini. Semoga HIMA IP Sulawesi bisa membuat acara-acara serupa yang bisa memberikan manfaat khususnya bagi member Ibu Profesional maupun untuk umum.